Ketika kita bicara tentang lamongan mungkin yang ada di benak kita adalah sebuah kota yang bersih, indah dan aman. Berulang kali Lamongan mendapatkan penghargaan untuk kebersihannya, namun apakah pendidikannyapun seperti itu ?????
Berdasarkan fakta yang ada masih banyak sekolahan di Lamongan yang masih tertinngal, secara materi. Secara materil kita lihat banyak gedung-gedung sekolah yang rusak, dan fasilitas-fasilitas sekolah yang kurang layak. Kalau pendidikan di lamongan dibiarkan seperti ini, apakah ke depannya lamongan bisa maju ????? Ini menjadi tanda tanya besar untuk seluruh warga lamongan. Apakah lamongan sudah bisa dikatakan maju ????
Berdasarkan fakta yang ada, Lamongan dicanangkan sebagai kota pariwisata edukasi.Padahal kenyataan di Lapangan, pendidikan Lamongan masih jauh dari standart wisata Edukasi.
Sebagai contohnya saja, Saya pernah secara tidak sengaja melihat sebuah SD di pinggiran yang kondisinya benar2 memprihatinkan, Sekolahnya yang sudah reot, bangku2nyapun rasanya tak layak pakai. Kondisi seperti inilah yang menggugah saya untuk membuat tulisan ini. Kondisi ini rasanya tak sebanding dengan kehidupan para pejabat Negara yang bisa bersantai-santai seenaknya, sedangkan anak-anak ini harus merasa was-wasan saat menerima pelajaran di Sekolah.
Apakah keadaan yang seperti ini sudah dikatakan layak ???? Apakah pendidikan di lamongan harus selalu seperti ini ???? Lamongan takakan bisa berubah dengan sendirinya, namun kita sebagai warga lamongan harus mau berusaha merubahnya. Ingat !!! Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu merubah nasibnya sendiri. Kita sendiri yang harus membuat perubahan ini. Yakin bahwa Lamongan bisa maju dan lamongan bisa menjadi wisata edukasi nasional dan internasional.