Tanggal 2 mei tahun 2011 ini Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) diperingati secara nasional oleh bangsa Indonesia. Kabupaten Kuantan Singingi menempatkan lokasi upacara peringatan Hardiknas tahun 2011 ini di Lapangan Alon-alon kota Lamongan dan bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Lamongan, H. Fadeli. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh perwakilan beberapa unsure antara lain Kepala Dinas/ Badan, DPRD, PNS dilingkungan Pemda Lamonga, Guru, Tokoh Pendidikan Lamongan, Anggota TNI dan POLRI, Perguruan Tinggi, siswa dan sebagainya.
Dalam Sambutan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang dibacakan langsung oleh Bupati Lamongan H. Fadeli antara lain mengungkapkan bahwa tantangan global dan internal yang sedang dihadapi, yang mengharuskan kita semua untuk lebih memperkuat jati diri, identitas dan karakter sebagai bangsa
Indonesia. Bangsa yang dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumberdaya alam dan manusia (bonus demografi) yang luar biasabesarnya. Demikian juga kesempatan yang sangat terbuka untuk menjadi bangsa dan negara yang besar, maju, demokratis dan sejahtera. Oleh karena itu, dengan optimisme yang kuat, kerja keras dan cerdas serta semangat kebersamaan, Insya Allah cita-cita mulia itu bisa kita wujudkan.
Disinilah mengapa pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi dan variasinya menjadi penting dan mutlak. Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya karakter berbasis kemuliaan diri semata, akan tetapi secara bersamaan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa. Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya kesantunan, tetapi secara bersamaan kita bangun karakter yang mampu menumbuhkan kepenasaranan intelektual sebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi.Karakter yang bertumpu pada kecintaan dan kebanggaan terhadap Bangsa dan Negara dengan Pancasila, UUD NKRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pilarnya.Itulah alasan mengapa tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011 ini adalah Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa dengan Subtema Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti. Tema ini mengingatkan kembali kepada kita semua tentang hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kitayaitu Ki Hajar Dewantoro yang hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Pendidikan, kata Ki Hajar Dewantoro adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin,karakter), pikiran (intellect) dan jasmani anak didik.
Upacara peringatan Hardiknas tahun 2011 di lapangan Alon-alon kota Lamongan terasa sederhana namun tetap khidmat serta diikuti serius oleh seluruh peserta hingga upacara selesai